PEMBELAJARAN ABAD 21


Di era globalisasi seperti saat ini, segala sesuatu sudah berubah dengan terjadinya perubahan dalam bidang teknologi dan komunikasi, jika kita kembali beberapa tahun kebelakang, sangat jauh dari apa yang ada saat ini, dimana semua serba terbatas, sebagai contoh ketika ingin menghubungi teman atau kolega yang berada di suatu tempat butuh berhari-hari untuk dapat mengetahui keadaan dan situasi yang sedang dialaminya, dimana komunikasi hanya bisa dilakukan dengan surat dan itu membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi teman atau kolega yang berada di luar negeri, tapi bagaimana dengan saat ini? Sangat gampang dan dengan mudahnya kita bisa berkomunikasi dimanapun kita berada walaupun diluar negeri, kita hanya tinggal pecet nomor langsung tersambung pada orang yang dituju, bahkan komunikasi tersebut bisa dilakukan face to face. Luar biasa hal tersebut berobah dalam waktu yang cukup singkat.

Dengan kehadiran teknologi dan komunikasi (ICT) memberikan tantangan dalam dunia pendidikan, peserta didik lebih tertarik mempelajari ICT dibandingkan materi pembelajaran lainya, peserta didik bahkan rela berjam-jam di depan komputer untuk mengakses internet dan mencari informasi yang tidak bisa didapatkan di sekolah. Lantas apa yang bisa dilakukan kedepan?. Apakah kita harus diam dan berpangku tangan dalam menyambut fenomena yang terjadi. Ini adalah tugas berat dan menjadi PR besar bagi dunia pendidikan untuk bisa mengadopsi dan melakukan inovasi pembelajara. Jangan sampai dunia pendidikan formal hanya dijadikan tempat untuk memperoleh ijazah semata tanpa memberikan kontribusi dalam membina generasi penerus perjuangan bangsa yang akan menjadi pemimpin masa depan.

Menurut Sutrisno (2011) tuntutan dalam menjawab globalisasi pendidikan telah hadir di depan mata, berbagai perangkat komputer beserta koneksinya dalam menghantarkan peserta belajar secara cepat dan akurat apabila dimanfaatkan secara benar dan tepat, untuk itu dibutuhkan sumber daya manusia yang tanggap terhadap perkembangan TIK, kemudian ditambahkan oleh Alessi dan Trollip (2001), pembelajaran berbasis ICT memiliki banyak keunggulan. Salah satunya keunggulan itu berupa penggunaan waktu yang digunakan menjadi lebih efektif , bahan materi pelajaran menjadi lebih mudah diakses,menarik, dan murah biayanya.

Ini lah yang menjadi tantangan pembelajaran abad 21, kehadiran ICT dalam dunia pendidikan maka dituntut siswa untuk kreatif, inovatif, berfikir kritis serta metakognitif dan sehingga menjadikan siswa memiliki kemampuan berkomunikasi dan bekerja kolaborasi (berkelompok). dengan harapan bahwa pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dapat dijadikan bekal hidup di masyarakat yang memiliki karakter baik lokal maupun global dan dapat dipertanggung jawabkan secara personal maupun sosial masyarakat.

Dengan hadirnya ICT di dunia pendidikan seyogyanya dapat menghantarkan wajah pendidikan kearah yang lebih baik sehingga tantangan pembelajaran abad 21 dapat terselesaikan, tentunya tidak terlepas dari peran guru sebagai tenaga pendidik yang dituntut kreatif dan inovatif mengembangkan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi dan komunikasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Perkembangan SMA 11 Kota Jambi

UJIAN NASIONAL