Sejarah Perkembangan SMA 11 Kota Jambi

SMA Negeri 11 Kota Jambi terletak di Jalan Sersan Anwar Bay Kel. Bagan Pete, Kec. Kota Baru Jambi, sekarang sebagai jalan perlintasan dari daerah bougenville ke kota, lokasinya yang begitu asri, teduh, tenang, cukup nyaman sebagai tempat proses belajar dan mengajar.


SMA Negeri 11 Kota Jambi adalah salah satu sekolah di Kota Jambi yang berdiri pada tahun 1997, di awal pendirian SMA 11 Kota Jambi baru mempunyai 4 rombongan belajar, tapi saat itu sudah ada 6 kelas yang sudah dibangun oleh pemerintah dan mempunyai beberapa orang guru.

Pertama sekali SMA Negeri 11 Kota Jambi dipimpin oleh Bapak Ir. Anwar Syahbuddin (alm) (NIP. 131 353 353) mulai dari tahun 1997 sampai dengan tahun 2003, melalui kepemimpinan beliau SMA 11 mulai mengalami perkembambangan sehingga pada saat itu SMA Negeri 11 Kota Jambi mendapat bantuan ruang kelas baru sebanyak 3 kelas.
 Beliau adalah seorang yang gigih dan ulet untuk selalu mengabdikan diri di dunia pendidikan, hampir separo hidupnya dipersembahkan demi kemajuan pendidikan,  dihormati dan disegani oleh bawahan dan punya visi dan misi yang luar biasa. karena sekarang beliau sudah dipanggil menghadap yang maha kuasa, semoga saja segala amal ibadah beliau selalu kita ingat dan dibalas oleh Allah swt sebagai amal jariah semasa beliau hidup.



Pada tahun 2013 Tongkat estafet pimpinan SMA Negeri 11 Kota Jambi dipegang  oleh Bpk Badmiril,S.Pd (NIP. 131 779 706)  sampai dengan tahun 2005, SMA 11 Mulai semakin berkibar dan memperlihatkan perkembangan yang cukup baik sekali, pada saat ini SMA 11 mendapat bantuan pembangunan 3 ruang kelas baru, sehingga sampai berakhirnya jabatan Bapak badmiril, S.Pd SMA 11 sudah mempunyai 12 ruang kelas.
Komitmen yang kuat dari beliau memberikan perubahan yang luar biasa, seorang pemimpin yang bekarakter dan berkepribadian yang kuat sehingga beliau disegani dan dihormati oleh seluruh majelis guru, tata usaha dan keluarga besar SMA Neger 11 Kota Jambi, upaya beliau dalam meningkatkan mutu SMA Negeri 11 Kota Jambi begitu sangat luar biasa, sehingga beliau punya motto tidak ada kata menyerah demi kamajuan anak bangsa yang cerdas cerdas dan punya lulusan yang dapat bersaing di masa yang akan datang.




Sementara itu mulai tahun 2005 sd 2011. periode yang sangat panjang, SMA 11 Jambi dipimpin oleh Bpk Nur Hamid Hadi, S.Pd. (NIP. 131 804 510), Beliau adalah putra terbaik bangsa yang diberi kesempatan untuk memimpin SMA 11 Jambi. beliau juga pernah menjadi guru teladan tingkat nasional, serta kepala sekolah teladan tingkat provinsi dan dikirim untuk mengikuti seleksi kepala sekolah teladan tingkat nasional di Jakarta pada tanggal 17 Agustus 2009 yang lalu, tapi sayang beliau belum berhasil untuk menjadi yang terbaik di tingkat Nasional.
Seorang pemimpin karismatik yang murah senyum, sikap santun dan pemimpin yang mengayomi semua elemen yang ada di SMA Negeri 11 Kota Jambi, memberikan kesan yang mendalam yang tidak mungkin bisa dilupakan. Bapak Nur Hamid Hadi adalah sosok pemimpin yang pantas diacungkan jempol dalam upaya memajukan SMA Negeri 11 Kota Jambi untuk selalu terus maju, karena beliau punya prinsip sekecil apapun peluang yang ada jangan pernah disia-siakan. ini lah motivasi yang selalu disampaikan disetiap pertemuan baik dengan guru maupun dengan siswa siswinya.
Beliau bukan hanya sebagai kepala sekolah, dan guru di SMA Negeri 11 Kota Jambi, tapi juga menjadi teladan bagi semua dalam bersikap maupun dalam bertutur kata yang sopan dan menyentuh setiap orang yang mendengarkan, sangat luar biasa. Bravo untuk Bapak Nur Hamid Hadi, Sukses selalu.

Pada masa kepemimpinan Bapak Nur Hamid Hadi, S.Pd SMA 11 Jambi sudah mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, dalam bidang akademik, mengikuti Olimpiade sains dan Lomba cerdas cermat walaupun belum berhasil tapi sudah berusaha kearah perubahan, dalam bidang sarana dan prasarana penunjang pendidikan. SMA 11 yang cukup representatif. dan juga dapat bantuan ruang perpustakaan dan laboratorium IPA dan Laboratorium Komputer, serta bantuan pembelian komputer baru untuk pelajaran TIK di SMA Negeri 11 Kota Jambi, hingga berakhir masa jabatan beliau pada tahun 2011, yang kemudian digantikan oleh Bapak Drs. Zul Asri,M.Pd.


Setelah SMA 11 Jambi dibawah kepemimpin Bapak Drs. Zul Asri, M.Pd memberikan perubahan yang lebih baik, dan tujuan pendidikan dapat tercapai, yaitu menjadikan manusia Indonesia seutuhnya.

Dengan berjalannya waktu, SMA 11 Kota Jambi mulai bangkit dan mengembangkan sayapnya untuk terus maju mengikuti perkembangan teknologi dan komunikasi sehingga program yang pertama sekali dijalankan oleh bapak Zul adalah berupaya menjadikan SMA Negeri 11 Kota Jambi sebagai sekolah yang bisa mengakses internet dan jaringan pendidikan nasional dengan hotspot yang bisa online 24 jam ke seluruh jaringan komputer yang ada di sekolah, sehingga semua elemen sekolah bisa mengakses internet dengan mudah kapanpun dan dimanapun.

Bapak Zul Asri adalah pimpinan SMA Negeri 11 Kota Jambi dengan massa jabatan sangat pendek dari 2011 sampai dengan 2013, lebih kurang 2 tahun, namun kiprah beliau di SMA Negeri 11 Kota Jambi memberikan kesan yang mendalam bagi segenap keluarga besar SMA Negeri 11 Kota Jambi dengan program program yang beliau terapkan, terjalinnya silaturahmi yang luar biasa dan bisa menyatukan setiap individu yang berbeda karakter, sehingga dengan persatuan tersebut memberikan ruang gerak dalam mencerdaskan anak bangsa dapat berjalan dengan baik.
Seorang pemimpin yang supel dan mudah bergaul dikalangan manapun, baik yang tua maupun yang muda dan bisa menempatkan diri ditengah-tengah guru dan Staf tata usaha, tidak ada jurang pemisah antara mereka sehingga guru dan staf TU bebas berekspresi mengembangkan kemampuan dan melakukan inovasi bagi kemajuan SMA Negeri 11 Kota Jambi.


 Dra. Hj. Evariana, M. Pd. I adalah sosok wanita tegas, disiplin dan ambisius dalam memimpin SMA negeri 11 Kota Jambi dalam kurun waktu 2013 sd 2016.
 (maaf belum ada berita yang aktual yang dapat diceritakan, mohon bersabar)









Bapak H. Arthur,S.Ag, S.Pd adalah kepala SMA Negeri 11 Kota Jambi periode 2016 s.d 2018. beliau adalah sosok pemimpin yang berpengalaman dan guru yang profesional, yang sudah menapaki kehidupan sebagai guru dan kepala sekolah di berbagai sekolah di kota Jambi, hingga diakhir pengabdiannya sebelum massa pensiun menjadi kepala sekolah di SMA Negeri 11 Kota Jambi.

Dibawah kepemimpinan  Bapak Arthur SMA 11 Kota Jambi sudah sangat maju dari segi sarana dan prasarana pendukung pendidikan, bahkan ujian Nasional Berbasis Komputer pertama kali dilaksanakan di tahun 2017 masa beliau menjabat kepala sekolah, walaupun dengan jumlah komputer yang belum memadai tapi dengan usaha dan kegigihan yang luar biasa memotivasi  guru dan siswa agar SMA Negeri 11 Kota Jambi bahwa tidak ada pilihan lagi, UN harus dilaksanan berbasis komputer (UNBK).

Untuk mewujudkan program UNBK dapat terlaksana dengan baik, beliau membuat kebijakan untuk meminjam laptop pada orang tua siswa,  sebagian besar orang tua bersedia dan mendukung program sekolah demi kemajuan pendidikan di SMA Negeri 11 Kota Jambi.



Semenjak bulan Juni 2018, setelah bapak H. Arthur, S. Ag, S. Pd memasuki masa pensiun. Pucuk pimpinan  SMA 11 kota Jambi dipegang oleh bapak Irwansyah, S. Pd., M. Pd. I.

Diawal kepemimpinannya, bapak Irwan mencoba membenahi segala administrasi, mulai dari administrasi sekolah, keuangan program kerja semua wakil, sampai administrasi guru sebagai bekal dalam memberikan bimbingan pada peserta didik, hal tersebut dilakukan dengan cara musyawarah secara santun, sesuai dengan motto beliau "Menjadi orang penting itu menyenangkan, tapi jauh lebih penting menjadi orang yang menyenangkan"

Kita berharap dibawah kepemimpinan bapak Irwan dapat memberikan perubahan, terutama dapat meningkatkan mutu pendidikan

Akhirnya, Alhamdullilah, kami sangat berterimakasih sekali kepada pemerintah negara repoblik Indonesia yang sudah memberikan begitu besar, bantuan perbaikan sarana dan prasara maupun pembangunan di SMA Negeri 11 Kota Jambi, semoga dengan semakin baiknya sarana dan prasarana akan memberikan dampak yang baik terhadap kemajuan pendidikan di SMA Negeri 11 Kota Jambi, dan dapat meningkatkan mutu pendidikan di Negara Keatuan repoblik Indonesia yang kita cintai ini,

Dan kami segenap keluarga besar SMA Negeri 11 menghibau kepada seluruh elemen masyarakat jangan pernah ragu dan kuatir untuk menyekolahkan putra dan putri nya di SMA Negeri 11 Kota Jambi, karena SMA 11 Kota Jambi adalah sekolah dengan mutu yang tidak kalah baiknya dibandingkan dengan sekolah lainnyan di Kota Jambi, mari sama-sama kita berikan dukungan, karena pendidikan itu bukan kewajiban guru dan negara semata,tapi adalah tanggung jawab bersama yaitu guru, orang tua, masyarakat dan pemerintah.



Komentar

  1. Pak mohon dibuatkan lagi cerita lanjutan tentang kepala sekolah 2 periode ya pak ditunggu

    BalasHapus
  2. Mantap pak trm ksh cerita sdh ada lanjutannya lagi sangat membantu sekali pak semoga SMAN 11 semakin berkelas

    BalasHapus
  3. lanjutkan dengan prestasi-prestasi yang di dapatkan oleh SMA N 11 dari tahun ke tahun nya donk pak hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Family